Selamat Datang di Website Desa Jehem. Media Komunikasi Pemerintah Desa Jehem

Artikel

Rapat Sosialisasi STMB (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) di Balai Desa Jehem

14 November 2019 04:12:19  Gusti Ayu  1.117 Kali Dibaca  Berita Desa

Tanggal, 05/11/2019 yang diadakan Rapat Sosialisasi STMB (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) yang dilaksanakan di Balai Desa Jehem. Sosialisasi ini merupakan pendekatan sanitasi melalui pemerdayaan masyarakat dengan metode pemicuan untuk merubah prilaku higiene dan tantangan pembangunan sanitasi di Indonesia adalah masalah sosial budaya dan prilaku penduduk yang terbiasa buang air bsar (BAB) di sembarang tempat khususnya ke badan air yang juga digunakan untuk mencuci,mandi dan higiene lainnya. Bertanya kondisi sanitasi merupakan salah satu penyebab kematian anaka dibawah 3 atahun yaitu sebesar 19% atau sekitar 100.000 anak meninggal karena diare setiap tahunnya dan kerugian ekonomi diperkirakan sebesar 2,3ri produk domestik bruto (Studi word bank).

Latar Belakan STBM masalah air minum dan higiene dan sanitasi masih sangat besar. Hasil Studi Indonesia Sanitation Sector Development Program (ISSDP) Tahun 2006,menunjukan 47% masyarakat masih berprilaku buang air besar kesungai,sawah,kolam,kebun dan tempat terbuka. Berdasarkan (BHS) di Indonesia Basic Human Services Tahun 2006. Prilaku masyarakat dalam mencuci tangan adalah : 1.Setelah Buang air Besar 12%, 2.Setelah membersihkan tinja bayi dan balita 9%, 3.Setelah Makan 4%,4. Setelah Memberi Makan bayi 7%,5.Msetelah Menyiapkan Makan dan Minuman 6%. Dasar pelaksanaanya adalah Kepmekes No852/Menkes/SK/lx/2008yang diperbaharui dengan Kepmenkes No 3 tahun 2014 tentang Strategi Nasional Sanitasi Total Bebasis Masyarakat.

Ciri Khas dari pendekatan STBM adalah : 1.Meniadakan susidi untuk pembangunan sarana sanitasi tingkat rumah tangga, 2.Merupakan metode cepat untuk meningkatkan akses sanitasi dan perubahan perilaku higiene di Indonesia, 3. STBM adalah satu-satunya program sanitasi yang menysar langsung ke tingkat rumah tangga, 4. STBM berfokus pada perubahan perilaku, bukan pembangunan sarana,

Pelaku STBM: 1.Pemerintah pusat, daerah hingga desa dan kelurahan, 2.Tokoh agama dan Tokoh masyarakat, 3. Masyarakat, 4. Pihak Swasta. begitu yang dipaparkan oleh Narasumber Bidan.

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


LAYANAN DESA/PENGADUAN

Hubungi Kami

Hubungi Kami

Aparatur Desa

Back Next

LAPAK UMKM JEHEM

LAPAK UMKM

Sinergi Program

Prodeskel Pajak Online
SDGs Desa SiIKSnG

Agenda

Belum ada agenda

Perpustakaan Desa

PERPUSTAKAAN DESA

Peta Desa

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:1.829
    Kemarin:996
    Total Pengunjung:1.893.928
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.141.100.120
    Browser:Mozilla 5.0

Arsip Artikel